Waspadai 5 Dampak Membakar Sampah Plastik!

Membakar sampah seringkali menjadi alternatif lain yang dilakukan sebagian masyarakat kita. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi banyaknya sampah-sampah plastik. Padahal, tindakan tersebut bukan cara yang tepat, karena dampak membakar sampah sangat berisiko. Tidak hanya mengancam kondisi lingkungan saja, akan tetapi juga berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Sampah merupakan permasalahan lingkungan yang tak kunjung ada habisnya. Dari ke hari, jumlah sampah kian meningkat. Meskipun begitu, untuk dapat mengatasinya, kita harus mengambil tindakan yang tepat, bukan malah semakin memperburuknya. Dibandingkan membuang sampah ke tempat pembuangan akhir atau mengelolanya menjadi barang yang bermanfaat, membakar sampah dinilai menjadi solusi yang mudah dan cepat. Namun, hal ini menjadi tindakan yang semakin membahayakan lingkungan dan kesehatan kita.

Lalu, apa sebenarnya dampak yang akan kita tanggung jika membakar sampah? Terutama sampah-sampah plastik yang kini menjadi perhatian kita bersama?

 

1. Menghasilkan Karbon Monoksida

Membakar sampah dapat menghasilkan zat-zat berbahaya dan beracun, seperti karbon monoksida. Ketika kita membakar sampah, maka akan menghasilkan abu. Abu dari hasil pembakaran sampah plastik ini menghasilkan karbon monoksida. Dimana, zat beracun dan berbahaya ini akan bercampur dengan tanah dan mengakibatkan pencemaran.

 

2. Menghasilkan Dioksin dan Furan

Sedangkan dioksin dan furan merupakan zat karsinogenik bagi manusia. Kedua zat ini sangat berbahaya karena dapat memicu penyakit kanker. Bukan hanya itu saja, dioksin dan furan juga merupakan hormon distruptor yang bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh manusia. Selain mengganggu keseimbangan hormon, kedua zat ini dapat mempengaruhi sistem reproduksi.

Kasus yang sering terjadi, pada anak perempuan akan mempercepat masa pubertas. Sedangkan pada laki-laki, dapat meningkatkan risiko kanker testis. Jika dioksin terakumulasi pada tubuh seseorang, terutama wanita, maka kemungkinan besar akan diturunkan ke anaknya. Bagi ibu hamil yang tidak sengaja menghirup dioksin dan furan, dapat mengakibatkan kecacatan janin.

 

3. Mencemari Udara

Dampak membakar sampah lainnya yakni dapat menghasilkan emisi karbondioksida. Emisi karbondioksida ini akan memicu pencemaran udara. Udara yang tercemar, akan menyebabkan menipisnya lapisan ozon. Sehingga, memperparah pemanasan global dan suhu di bumi semakin meningkat. Apabila hal ini kita biarkan secara terus-menerus, maka akan mempercepat pencairan es di kutub.

 

4. Mengakibatkan Gangguan Pernapasan

Sampah plastik seperti halnya PVC dapat mengeluarkan zat-zat yang sangat berbahaya, terutama untuk kesehatan dan udara. Sampah plastik PCV ini sering kita jumpai dari produk-produk botol maupun kemasan plastik. Tidak hanya menghasilkan karbon monoksida, dioksin, dan furon saja. Dampak membakar sampah juga dapat menghasilkan zat berbahaya lainnya seperti volatil.

Volatil adalah zat berbahaya yang dapat memicu gangguan pernapasan. Seperti asma, iritasi saluran pernapasan, hingga penyebab penyakit paru-paru kronis. Volatil juga dapat memicu gangguan kesehatan lainnya seperti kanker hingga kerusakan saraf.

 

5. Pusing, Sakit Kepala, dan Penurunan Kesadaran

Jika jumlah karbon monoksida semakin meningkat dari hasil pembakaran sampah, kemudian terhirup dan masuk ke tubuh manusia dalam jumlah yang banyak, maka dapat menyebabkan pusing hingga sakit kepala. Parahnya lagi, hal ini juga dapat menurunkan kesadaran.

 

Itulah, beberapa dampak membakar sampah yang wajib kita waspadai. Marilah lebih peduli dengan lingkungan dan kesehatan kita dengan bertindak secara bijaksana! Jangan sepelekan sampah dan mulai tunjukkan tindakan yang tepat untuk mengelolanya agar kita tidak menyesal di kemudian hari.

Pilih Taplak Meja yang Sesuai dengan 4 Cara Berikut

 

Cara pilih taplak rupanya menjadi cukup penting dan memegang peran yang penting dalam sebuah keindahan ruangan, khususnya sebuah perlengkapan meja. Taplak meja adalah sebuah komponen yang penting dalam membangun sebuah nuansa ruangan menjadi lebih hidup. Selain penting untuk memperindah interior dan dekorasi dari sebuah ruangan, taplak meja juga mempunyai berbagai manfaat yang lain.

Selain bisa menghidupkan ruangan, taplak meja juga bisa membantu untuk menghindari noda tumpahan air atau makanan ke meja. Bukan hanya itu saja, taplak meja juga bisa membantu menutupi kekurangan meja seperti warna yang pudar. Berikut adalah cara pilih taplak meja yang benar agar dapat memperindah ruangan rumah anda, antara lain:

Terapkan Langkah Mudah Melepas Stiker pada Plastik

 

Tahukah Anda bahwa melepas stiker ialah hal yang sulit untuk dilakukan? Mayoritas orang menganggap bajwa melepas stiker pada plastic ialah hal yang mudah. Namun nyatanya, masih banyak yang kesusahan dalam hal tersebut. Misalnya, ketika Anda melepasnya dengan cara menarik, maka masih ada sisa stiker atau residunya. Sebab, beberapa produsen menggunakan jenis perekat yang memiliki kekuatan yang tinggi, sehingga stikernya bisa tahan lama menempel pada plastic. Namun, jika Anda ingin mengetahui cara ampuhnya, Anda bisa menerapkan langkah mudah berikut ini.

Wajib Punya! Inilah 6 Produk yang Ramah Lingkungan

 

Sampah menjadi salah satu permasalahan lingkungan yang masih belum terselesaikan hingga saat ini. Berbagai cara pun dilakukan untuk menekan bertambahnya sampah dari hari ke hari. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah menggunakan produk ramah lingkungan.

Produk-produk ini sengaja dibuat dari bahan-bahan yang tidak mencemari lingkungan. Selain itu, memiliki kemasan yang bisa diurai maupun didaur ulang. Sehingga sangat aman untuk kebersihan lingkungan dan tidak akan menjadi limbah.

Demi menjaga kebersihan lingkungan, kita harus mengurangi penggunaan produk sekali pakai yang berisiko menjadi limbah. Saat ini, sudah tersedia berbagai macam produk-produk yang tidak mencemari lingkungan alias ramah lingkungan untuk kita gunakan, inilah 6 diantaranya.

Ketahui Jenis Limbah B3 dan Cara Mengendalikannya

 

Limbah adalah bahan bekas dari suatu produksi yang fungsinya sudah berubah dari aslinya. Berdasarkan jenisnya, ada yang disebut dengan limbah B3. Limbah B3 yakni limbah jenis limbah yang memiliki sifat dan konsentrasi yang berbahaya. Dampak dari adanya limbah B3 adalah merusak lingkungan dan makhluk hidup. Hal ini diakibatkan karena limbah B3 mengandung bahan-bahan kimia yang mengandung racun. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui jenis-jenis limbah supaya tahu bagaimana cara mengendalikannya. Simak ulasan di bawah ini.

Export Division

export

Tri Widiastuti

Mobile/Whatsapp: +62812 3329 0483
Email: rhino@rhinoplas.co.id

Flooring, Puzzle, & Mat Division

flooring

Herwanti

Mobile/Whatsapp: +62813 5968 1799
Email: wantirmmp@gmail.com

Clear Film & PVC Rigid Division

clear

Eko

Mobile/Whatsapp: +6281 3303 31331
Email: eko.rhinoplas@gmail.com

Shade Net, Leather, Tarpaulin & Banner Division

flooring

Budi

Mobile/Whatspp: +6281319592559
Email: setiobudi7843@gmail.com